Gagal Edit Blog

Oleh Ridwan Sanjaya

Tanya:

Pak, saya selalu mengikuti artikel anda di Suara Merdeka dan saya mengucapkan terima kasih karena merasa banyak dibantu dengan rubrik tersebut. Pak saya mau tanya bagaimana caranya mengedit blog karena setiap kali e-mail dan password yang saya masukkan selalu saja gagal. Dan bagimana caranya membuat berbagai macam blog tapi hanya menggunakan satu alamat e-mail. Saya sudah mencoba berkali kali tapi selalu gagal, terdapat komentar account sudah ada yang menggunakan. Sekian dan terima kasih. (cavarioster@xxxxx.xxx)

Jawab:

Mas Adi, untuk menulis, memodifikasi, atau menghapus isi di dalam Blog dibutuhkan e-mail dan password yang sesuai. Apabila tidak bisa login maka sebaiknya hubungi penyedia blog atau membuat akun Blog yang baru. Sebaiknya periksa kembali e-mail yang Anda gunakan untuk melakukan pendaftaran Blog untuk melihat informasi akun Blogger yang Anda pakai. Sedangkan pesan akun sudah ada karena memang sudah ada yang menggunakan alamat tersebut. Pada kasus beberapa penyedia Blog, Anda dapat mencoba untuk membuat nama blog mirip dengan nama blog sebelumnya. Misalkan sebelumnya pernah mempunyai cavarioster.blogspot.com, sekarang buat dengan nama cavarioster-pengalamanku.blogspot.com. Terima kasih.

Modifikasi Blog

Tanya:

Pak Ridwan saya lagi coba-coba bikin blog nih. Saya belum tahu cara memberi aksesoris blog. Saya punya blog dari blogger. Dan saya ingin menambahkan shoutbox, kamus, clock, dan peta wilayah bagaimana caranya? Tolong balas lewat email juga ya. Thanks. (alfasastro@xxxxx.xxx)

Jawab:

Alfa, Blogger.com sudah lama memberikan kemudahan dalam menambahkan elemen-elemen halaman melalui menu Template – Page Elements. Anda cukup menggunakan link Add a Page Element untuk menambahkan elemen-elemen tadi. Rata-rata semua penyedia layanan shoutbox, kamus, clock, dan peta wilayah telah memberikan fasilitas untuk menyalin atau gunakan Ctrl+C (Copy) pada kode HTML elemen yang bersangkutan. Sehingga Anda hanya perlu untuk tombol menambahkan elemen HTML/Javascript ke dalam Blog (Add to Blog). Kemudian tulis atau gunakan Ctrl+V (Paste) kode HTML/Javascript dari penyedia elemen ke dalam kotak isian yang ada. Selanjutnya tekan tombol Save Changes untuk menyimpannya. Anda dapat melihat tutorial yang lebih detail di dalam buku yang tertera pada http://ridwan.sanjaya.org/buku.blog.html. Terima kasih.

Virus Flashdisk

Tanya:

Mas, saya mau tanya. Di flashdisk milik saya, ada data yang ingin saya hilangkan. Waktu saya hapus, data tersebut hilang. Tetapi ketika saya refresh data itu malah muncul kembali. Ketika saya scan pakai AVG yang selalu saya update, virus tidak terdeteksi. Apakah ini adalah ulah virus lokal atau virus luar negeri? Dan antivirus apa yang ampuh untuk virus tersebut? Thanx atas jawabannya. (the_bonjovi_lov3r@xxxxx.xx.xx)

Jawab:

Mas Aldi, jika hal tersebut sudah Anda lakukan berkali-kali dan tetap sangat seperti itu, dimungkinkan file tersebut justru merupakan file virus yang menyamar sebagai file data. Pastikan kembali ekstensi file tersebut secara utuh melalui Windows Explorer. Non-aktifkan kotak cek Hide extensions for known file types yang terletak di menu Tools – Folder Options – View di Windows Explorer. Meskipun kecenderungan virus yang menyerang berasal dari lokal, namun sangat sulit ditentukan virus tersebut lokal maupun luar negeri tanpa melihat keseluruhan ciri-ciri penyerangan dan identitas file tersebut. Untuk virus lokal, PCMAV atau CLAMAV cukup cepat dalam hal update teknik penanganan serangan virus dan kerusakannya. ClamAV yang dapat diunduh melalui http://www.clamav.net. Khusus untuk sistem operasi Windows, dapat Anda cari di alamat http://w32.clamav.net. Anda juga dapat menghubungi Ivan, mahasiswa Ilmu Komputer Unika Soegijapranata di alamat http://ridwan.sanjaya.org/ivan untuk mengunduh atau pemesanan Live-CD AntiVirus “AVIKOM”. Terima kasih.

2 thoughts on “Gagal Edit Blog

  1. Pak saya mau konsultasi, dua minggu yang lalu teman saya mendapat email dari seseorang yang mengaku bernama ‘Peter Aqua’, dia mengaku seorang manajer bank di negara Ghana dan dia bilang bahwa dia mengetahui adanya keuntungan bank yang tidak diketahui oleh para manajer lainnya kecuali dia sendiri, dia mengajak kerjasama teman saya agar keuntunga tersebut bisa diambil oleh dia tapi dia meminta teman saya tersebut untuk menjadikan keuntungan bank tersebut atas nama teman saya terlebih dahulu agar dengan bentuk simpanan deposit slip, lalu nanti dia meminta agar teman saya menstrasfer uang tersebut ke account indonesia, dan dia mengirimkan bukti deposit slipnya yang ditandatangani oleh mentri keuangan ghana, han o. powusu, setelah itu teman saya berhubungan dengan bank dan mengirimkan form transfer ke indonesia dengan mengirimkan account indonesia, kadang dia (peter aqua) menelpon dari sana (+233) untuk memastikan bahwa teman saya menjalankan instruksi bank ghana. apakah ini penipuan? bagaimanakah pendapat anda tentang hal ini.?

  2. Mas Ridwan, saya pemula pembuat blog yang berdasarkan informasi email seseorang.
    Setelah dicoba berhasil juga, untuk selanjutnya jadi bingung harus diapakan.?
    Lalu saya surfing berhari-hari mencari web atau blog yang bisa membatu dengan sukarela, dan sepertinya sekarang sudah sampai di tempat tujuan.
    Sekiranya berkenan, mas ridwan untuk memberikan informasi cara memaksimalkan Blog yang telah dibuat, dari cara masuk ke blog, mengedit blog, mempercantik blog, mempublikasikannya atau hal-hal lain yang belum saya ketahui agar bermanfaat buat diri sendiri ataupun orang lain.
    Kalau mas ridwan memilki tutorial atau ebook saya tunggu……..
    Terimakasih.

Leave a Reply

