SimCity Societies

Tak Sekadar Menata Kota

Oleh Atika Azzahra

PERNAHKAH Anda merasa tidak puas dengan kondisi kota tempat Anda tinggal, baik yang berkaitan dengan perilaku masyarakat, sistem transportasi yang semrawut, maupun penataan kota yang kurang terencana dan terkesan asal-asalan?
Tinggal di kota semacam itu tentu membuat hidup terasa tidak nyaman. Potensi stres dan gangguan kesehatan menghantui setiap warga masyarakat yang tingga di sana, apalagi jika pemerintah kota yang berwenang kurang memperhatikan masalah lingkungan.
Banjir, tingkat polusi tinggi, kemacetan, merebaknya tindak kriminal, dan masalah-masalah perkotaan lainnya adalah dampak dari kesalahan pihak berwenang dalam menata lingkungan dan sosial. Kritik dari masyarakat pun sering dilontarkan terhadap pemerintah.
Tapi menata kota itu ternyata bukan pekerjaan gampang. Perlu perencanaan yang matang dan holistik serta komitmen yang tinggi untuk menciptakan kondisi kota yang nyaman dan teratur.
Jika selama ini kita hanya berperan sebagai warga masyarakat biasa, sekarang cobalah berimajinasi menjadi pihak yang berwenang menata kota. Game PC terbaru keluaran Electronic Arts Inc, SimCity Societies mengajak kita berpikir dan mengatur strategi yang tepat dalam membangun dan mengelola sebuah kota impian.
Game ber-genre 3D Simulation yang diluncurkan pada musim liburan akhir tahun 2007 ini tidak hanya memungkinkan pemainnya membangun kota yang mereka inginkan, tapi juga mengatur atau mengelola budaya, perilaku warga, dan lingkungannya.
Taruh misal, kita ingin membangun kota artistik, kota ramah lingkungan, kota religius, bahkan kota angker. Dengan peranti city-builder dalam SimCity Societies yang lebih inovatif dan lengkap, kita bisa membangun kota unik yang sesuai dengan harapan dan impian kita.
Sebagai gambaran, kita bisa membangun sebuah “kota hijau” di sebuah kawasan subur dan nyaman. Para warganya bisa membudidayakan tanaman sendiri untuk keperluan pangan mereka. Kita dapat menambahkan pernik-pernik pendukung seperti hutan, sungai, gunung, dan ladang.
Paling Fleksibel
Rod Humble, Vice President and Studio Head The Sims Division, mengklaim SimCity Societies yang dikembangkan oleh Tilted Mill Entertainment ini sebagai game pembangunan kota paling fleksibel saat ini karena begitu banyak opsi yang dapat diterapkan di dalamnya.
Pada tahap awal permainan, kita diberi pilihan lebih dari 350 jenis gedung atau bangunan. Masing-masing bangunan dapat dikombinasikan satu sama lain dan bisa direkonstruksi secara bebas.
Kita bisa mengembangkan imajinasi sebebas-bebasnya. Misalnya, membangun Fun City yang di dalamnya penuh dengan bangunan khas tempat hiburan seperti Roda Raksasa Bianglala, Pabrik Cokelat, Roller Coaster, dan Komedi Putar.
Di sini kita juga bisa mengenal bangunan-bangunan dari masa ke masa yang bisa diterapkan dalam kota impian kita, mulai dari bangunan kuno kerajaan hingga gedung-gedung futuristik. Jika kota berhasil berkembang dengan baik, kita mendapat kesempatan untuk memilih (unlock) bangunan-bangunan baru untuk mengimbangi kemajuan dan kebutuhan masyarakatnya.
Pemain juga diperkenalkan pada fitur baru yang dapat menggabungkan bangunan-bangunan yang akan menghasilkan jenis-jenis sumber baru yang disebut “social energies”. Item sumber energi sosial itu antara lain industri, kemakmuran, pengetahuan, pengabdian, kepatuhan, dan kreativitas.
Kelihaian kita dalam mengatur sumber-sumber tersebut akan menentukan energi sosial kota yang kita bangun. Akankah kota yang kita bangun berkembang menjadi kota yang menyenangkan, nyaman, religius, makmur, dan kuat, atau malah justru menjadi kota yang menakutkan dan penuh dengan teror?. Semua bergantung pada pemain atau sang pengelola kota.
SimCity Societies adalah varian dari franchise game The SimCity, salah satu game PC paling populer dalam sejarah. Game The SimCity telah terjual lebih dari 17 juta kopi di seluruh dunia sejak kali pertama diluncurkan pada 1989. Varian lain yang beredar sebelumnya antara lain SimCity 2000 (1993), SimCity 3000 (1999) and SimCity 4 (2003). (45)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s