Semakin Meriah Natal di Internet

Oleh Hendro Wibowo

DESEMBER adalah bulan yang paling dinanti-nantikan oleh umat Kristiani karena di penghujung bulan itu ada suatu hari yang sangat penting bagi kehidupan rohani, yaitu Hari Natal atau peringatan hari kelahiran Yesus Kristus.
Natal adalah suka cita maka ada tradisi di kalangan umat Kristiani untuk saling memberi ucapan selamat kepada teman, sahabat, kerabat dan handai tolan. Ucapan diberikan seusai mengikuti ibadah atau misa di gereja. Namun bagi yang tidak mungkin berjumpa pada hari itu, maka biasanya ada tradisi untuk saling mengirimkan kartu Natal.
Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, tradisi berkirim kartu berangsur-angsur “punah”. Sebab, ada cara lain yang lebih murah dan cepat bahkan seketika untuk memberikan ucapan selamat.
Teknologi komunikasi dan informasi yang biasanya digunakan untuk mengucapkan selamat Natal adalah telepon lewat ponsel. Cara lain yang lebih murah adalah dengan berkirim SMS. Kelemahannya, karena pada waktu itu biasanya yang mengirim pesan banyak sekali atau sibuk maka pesan harus antre alias sedikit tertunda bahkan ada juga yang tidak sampai.
Meskipun kita bisa bebas berkirim, ucapan yang diberikan lewat SMS biasanya bersifat pasaran dan kurang ada sentuhan pribadi. Seringkali hanyalah ucapan yang di-forward belaka. Maksudnya, kita mendapat SMS Natal lalu pesan itu kita kirimkan lagi ke orang lain.
Kita sebenarnya bisa memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dengan cara yang lebih murah, cepat, dan lebih menarik. Yaitu dengan memanfaatkan komputer untuk berinternet. Di internet banyak sekali situs-situs Natal yang bisa dijelajahi. Selain untuk mendapat informasi tentang agama, kita juga dapat mengirimkan kartu ucapan elektronik.
Bahkan kartu Natal yang kita kirimkan lebih bagus karena selain menampilkan gambar, tulisan, suara/lagu, juga bisa menghadirkan gambar bergerak atau animasi. Itulah kelebihan internet. Selain itu, biayanya pun relatif murah bahkan ada yang gratis tapi tetap saja kita harus bayar biaya internet via warnet atau telepon rumah.
Situs Pilihan Berdasarkan kemudahan penggunaannya, dapat dikatakan bahwa pengguna handphone hampir pasti bisa menggunakan komputer namun pengguna komputer belum tentu dapat menggunakan internet. Ada orang yang hanya bisa menggunakan komputer untuk mengetik saja atau bermain game.
Sebaliknya, pengguna internet juga belum tentu memiliki email. Ada pengguna internet yang hanya ke warnet untuk chatting saja atau browsing situs. Ada juga pemilik email yang tidak pernah atau jarang menggunakan emailnya. Namun, ada yang setiap hari harus mengecek email untuk keperluan bisnis.
Alamat email ibarat alamat rumah kita di internet. Segala sesuatu urusan yang ada di internet akan menggunakan email, termasuk untuk mengirim kartu Natal. Pengirim dan penerima kartu ucapan harus mempunyai alamat email.
Ada beberapa situs pilihan yang dapat kita coba untuk memeriahkan Natal. Warna merah tampak mendominasi situs Merry Christmas yang beralamat di http://www.merry-christmas.com/. Situs ini lumayan lengkap menunya. Ada banyak menu pilihan, seperti Christmas Traditions, Christmas Games, Christmas Music and Recipes!
Pokoknya, segala sesuatu tentang Natal dapat dijumpai di situs ini. Bahkan ada pula Santa Blog. Kita juga dapat bertanya seputar Natal. Dalam situs ini kita dapat mengetahu tradisi dan sejarah Natal. Situs ini juga menyediakan permainan, musik, dan film.
Bosan dan capek dengan aktivitas menjelang Natal? Kini saatnya kita bersenang-senang melupakan sejenak segala beban pikiran dengan bermain games. Kunjungi situs Miniclip di http://www.miniclip.com/games/merry-christmas/en/.
Ini adalah situs para gamers. Mulai dari Games Home, Christmas Games, Action Games, Sports Games, Shoot ‘Em Up Games ada di sini. Ada berbagai macam jenis games, mulai dari 3D, 5 Minute (In a hurry), Action, Brain Training, Dancing & Shows, Multiplayer, dan Nintendo Wii.
Anda sedang belajar bahasa, dan ingin memberikan ucapan selamat hari Natal kepada seluruh penduduk bumi, dengan berbagai macam bahasa? Tidak ada salahnya Aanda mencoba berselancar di situs Merry Christmas from FLW in 360+ languages! Yang beralamat di http://www.flw.com/merry.htm.
Ada lebih dari 360 bahasa di situs ini. Bahasa Indonesia juga ada. Selain itu, di situs ini kita bisa mengirimkan kartu Natal beranimasi. Uniknya, tiap kali nama negara kita klik maka akan muncul penjelasan tentang negara tersebut yang dilengkapi dengan gambar bendera nasionalnya.
Situs lainnya yang wajib dikunjungi antara lain http://holidays.net/christmas/, http://www.holiday-clipart.com/christmas/christmas_santa01.html, http://www. christmas.pld.com, http://www.123greetings.com/events/christmas, http://www.merrychristmasfromheaven.com, http://www.icq.com/greetings/cards, http://en.wikipedia.org/wiki/Santa_Claus, http://www.holiday-clipart.com/christmas/christmas_santa01.html, http://www.santaclauslive.com, dan http://en.wikipedia.org/wiki/Natal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s