PayPal.com, Gerbang Pembayaran Online

Telah lama Indonesia masuk dalam daftar hitam berbagai gerbang pembayaran online di dunia maya. Pada akhir September 2007, pengusaha online bisa sedikit bernapas lega. Paling tidak salah satu gerbang pembayaran online terkemuka, PayPal.com, telah membuka diri untuk Indonesia dalam hal penerimaan pembayaran.

Dengan adanya PayPal, para pengusaha online sudah bisa sedikit bernapas lega. Apabila mereka menginginkan adanya alternatif pembayaran untuk pengunjung-pengunjung dari mancanegara, situs ini dapat menjadi solusi. Dengan adanya PayPal, pembeli yang menggunakan kartu kredit dapat terlayani di situs mereka.

PayPal yang telah melayani lebih dari 190 negara sudah cukup dikenal dalam menjadi gerbang pembayaran online terkemuka di dunia. Dengan jaminannya “PayPal is the safer, easier way to pay”, gerbang pembayaran ini ingin menekankan bahwa selain aman untuk pembeli dan penjual, Anda dapat menambahkan mekanisme pembayaran ke dalam website hanya dalam hitungan menit dengan menggunakan PayPal.

Selain itu fee untuk potongan pembayaran juga relatif rendah. Juga terdapat kemungkinan yang cukup besar untuk menerima pembayaran dari banyak konsumen di dunia karena database pengguna PayPal yang telah mencapai jutaan pengguna aktif.

Mendaftar PayPal

Untuk mencoba menggunakan PayPal dalam mekanisme pembayaran online, pertama-tama kunjungi situs http://www.paypal.com dan pilih menu Sign Up yang terletak di atas layar. Selanjutnya cari pilihan Indonesia pada pertanyaan negara tempat tinggal. Beberapa saat setelah pemilihan negara, Anda akan dibawa langsung menuju pilihan jenis akun. Pemilihan akun tersebut tergantung pada kepentingan masing-masing.

Untuk kepentingan usaha, Anda dapat memilih opsi Premier Account dan Business Account. Sedangkan opsi Personal Account hanya diperuntukkan bagi mereka yang hanya menggunakan akun PayPal untuk aktivitas belanja tanpa harus memasukkan kembali nomor kartu kredit pada setiap transaksi.

Beda antara opsi Premier Account dan Business Account hanya terletak pada kemampuan menerima ATM PayPal atau Kartu Debit serta akses pengelolaan yang lebih dari satu orang. Apabila Anda tidak membutuhkan kemampuan tersebut, pilihlah Premier Account sebagai opsi jenis akun.

Selanjutnya isilah formulir pendaftaran yang mencakup data diri, nama pengguna, dan pemulihan password jika terlupa. Selanjutnya baca perjanjian pengguna dan peraturan privasi yang terletak di bagian bawah. Pilihlah opsi Yes jika Anda menyetujui. Jangan lupa untuk menuliskan kode 5 karakter di bawahnya sebelum menekan tombol Sign Up.

Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan jenis kartu kredit, nomor, tanggal kadaluwarsa, dan nomor verifikasi kartu. Pastikan nomor verifikasi yang Anda masukkan sudah benar. Nomor tersebut merupakan 3 angka terakhir di belakang kartu kredit. Untuk kartu American Express dibutuhkan 4 angka terakhir di belakang kartu kredit.

Meskipun PayPal sudah membuka akses ke Indonesia, tidak semua kartu kredit dapat diterima. Kartu kredit yang diterbitkan oleh bank mempunyai afiliasi ke bank Amerika mempunyai kemungkinan besar untuk digunakan di dalam situs tersebut.

Setelah semua terisi, termasuk informasi terakhir, yaitu alamat kartu kredit, Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi. Surat konfirmasi dari PayPal sudah terkirim ke dalam alamat e-mail yang Anda masukkan. Anda hanya perlu menekan link yang diberikan untuk melakukan verifikasi.

Menerima Pembayaran

Agar Anda dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, pilih tab menu “Merchant Service” dan pilih PayPal Website Payments Standard. Untuk teknis pemasangan di dalam website atau blog, Anda dapat memilih link “Technical overview”. Pada halaman tersebut, Anda akan dibantu untuk menambahkan kode yang diperlukan untuk pembayaran online.

Selain itu, Anda juga dapat melihat contoh lainnya melalui http://freelanceswitch.com/money/making-a-paypal-form-tutorial. Visualisasi dalam bentuk video juga dapat Anda lihat melalui alamat http://www.blogadr.com/tutorials/free-paypal-tutorial.

Dengan adanya penambahan kode tersebut, website Anda akan mempunyai tombol transaksi untuk pembelian yang akan terhubung ke dalam mekanisme pembayaran PayPal. Setiap transaksi yang terjadi akan tersimpan dan dapat dilihat pada halaman utama setelah melakukan login ke dalam PayPal. Sehingga setiap saat Anda dapat memantau aktivitas pembayaran yang dilakukan oleh konsumen Anda melalui situs ini.

<!–[if !supportLists]–>§ <!–[endif]–>Ridwan Sanjaya

http://ridwansanjaya.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s